Jumat, 16 Desember 2016

Tujuan Hidup Bangsa Indonesia

Suatu bangsa yang ingin berdiri kokoh dan kuat harus mempunyai tujuan hidup yang dicita-citakan. Bagi Indonesia, sejak Negara Indonesia merdeka, tujuan itu telah ada dan jelas, sebagaimana tercantum  dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Cita-cita kemerdekaan yaitu untuk membentuk suatu pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa , dan turut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
Sedangkan potret manusia Indonesia yang dicita-citakan, dan menjadi tujuan hidup bangsa terkandung dalam jiwa Pancasila. Yaitu, manusia yang bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang menjunjung tinggi kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin ileh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta mewujudkan suatu keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia, itulah antara lain yang menjadi cita-cita proklamasi dan cita-cita nasional bangsa Indonesia.
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, maka dilaksanakanlah pembangunan atau proses perubahan secara terus meenerus merupakan kemajuan dan perbaikan menuju ke arah tujuan yang ingin dicapai, meliputu unsur-unsur berikut:
a. Mewujudkan suatu masyarakat yang adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila.
b. Di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, dan berkedaulatan rakyat.
c. Dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tenteram, tertib, dan dinamis.
d. Dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib, dan damai.
Tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya dan seluruh masyarakat Indonesia, tidak akan mungkin tercapai dalam beberapa tahun, dalam satu dua generasi. Yang lebih penting adalah semua upaya pembangunan harus diarahkan sedemikian rupa, sehingga setiap tahap semakin dekat, dan setiap generasi mewariskan kepada generasi berikutnya keadaan yang makin mendekati tujuan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar