Jumat, 23 Desember 2016

METODE PENANAMAN RASA CINTA TANAH AIR

Metode penanaman rasa cinta air  di lingkungan sekolah atau pendidikan dapat dilakukan dengan cara, antara lain:
  1. Membiasakan upacara bendera. Agar tetanam rasa cinta air, guru harus harus memberi contoh dengan membiasakan hadir tepat waktu pada saat upacara bendera.
  2. Suksekan gerakan budaya bersih, guru harus memberikan contoh budaya bersih bukan sekedar memerintah dan memberikan sanksi. 
  3. Jika dekat dengan makam pahlawan, guru dianjurkan membawa siswa mengunjungi taman makam pahlawan sambil menceritakan sejarah perjuangan salah satu pahlawan yang diketahuinya 
  4. Biasanya sekolah mengadakan parade yang menampilkan anak-anak dengan kostum cita-cita atau profesi, biarkan anak-anak berkreasi dengan imajinasi dan dukung mereka.
  5. Membiasakan anak ikut lomba dengan kompetisi sehat, tanamkan sikap fair play. Bimbing anak-anak ketika saat mengalami kekalahan. Bersaing secara sehat akan menumbuhkan sikap berani bersaing dengan kreatif dan tetap jujur. Anak-anak kita kelak yang akan memimpin Indonesia. Sikap yang tertanam sejak kecil akan membuat bangsa ini kelak tegak dengan ketangguhannya. 
  6. Mengajak lebih memilih dan mengutamakan produk dalam negeri. Produk dalam negeri tidak kalah dengan produksi luar negeri. Harus guru dan orang tua lebih dulu yang mencontohkan sikap cinta produk Indonesia sebelum meminta anak mengikuti arahan kita.
  7. Jika akan berwisata pilih tujuan wisata keliling Indonesia lebih dulu sebelum ke luar negeri.
  8. Kenalkan dengan permainan tradisional. Meski permainan tradisional kini memudar, berbagai alat tradisional masih bisa didapatkan walau tak mudah. Atau Sahabat Ummi bisa berkreasi membuat alat permainan sendiri bersama anak.
  9. Kenalkan dengan tokoh berprestasi Indonesia. Jika memungkinkan, bertemu langsung akan lebih membuat kesan untuk anak.
  10. Jika tinggal di luar negeri, ajak anak untuk sering ikut acara kebangsaan di KBRI, sesekali mengajak anak ikut perlombaan yang menampilkan aksi anak negeri. Mendengarkan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di luar negeri lebih mengharukan dibanding di dalam negeri.
  11. Bagi umat Islam  bekali anak dengan pemahaman Al Quran Quran tetap merupakan pondasi utama segala keutamaan dan kebaikan termasuk salah satunya mencintai tanah air. Dengan adanya bekal dari Al Quran, anak akan mulai terlatih untuk mencintai negeri tapi bukan sebagai nasionalisme sempit. Dalam Islam, semua tempat yang mengagungkan kalimat tauhid adalah satu tanah air.



    sumber: ainamulyana.blogspot.co.id/2016/12/metode-untuk-menumbuhkan-nasionalisme.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar