Sabtu, 10 Desember 2016

Aspek dan Faktor yang Memepengaruhi Perkembangan Peserta Didik



Pokok-pokok pertumbuhan dan perkembangan aspek-aspek yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.
1.      Pertumbuhan Fisik
a.    Pertumbuhan sebelum lahir
Masa sebelum lahir merupakan pertumbuhan dan perkembangan manusia yang sangat kompleks, karena pada masa itu merupkan sebuah awal terbentuknya organ-organ tubuh dan tersusun jarinbga syaraf yang membentuk system syaraf yamng lengkap.
b.   Pertumbuhan setelah lahir
Perumbuhan fisik seorang anak dibagi menjadi empat masa utama dimana dua masa ditandai dengan pertumbuhan yang cepat dan masa berikutnya dicirikan dengan pertumbuhan yang lambat.
2.      Perkembangan Intelektual
Perkembangan tingkat berfikir atau intelektual akan diawali dengan kemampuan mengenal, yaitu untuk mengetahui dunia luar, reaksi atau respon terhadap rangsangan dari luar pada awalnya belum terkoordinasikan secara baik hampir semua kompirmasi yang diberikan bersifat refles. Perkembagan kognitif ini menurut piaget mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut:
a.    Tahap Sensori Motor (usia 0-2 setengah tahun)
b.   Tahap Pra-Oprasional (usia 2-7 tahun)
c.    Tahap Operasianal Konkret (usia 7-11 tahun)
d.   Tahap Operasional Formal (usia 11-15 tahun)
3.      Emosi
Emosi merupakan gejala prasaaan yang disertai dengan perubahan dan perilaku fisik. Seperti marah, yang ditunjukan dengan teriakan suara yang keras atau tingkahlaku yang lain. Begitupun sebaliknya.
4.      Sosial
Manusia sebgai makhluk sosial yang dalam keadaanya tentu tidak dapat hidup tanpa bantuan dari manusia lain. Oleh karena itu mulai dari seorang bayi menjadi seorang anak hingga menjadi orang dewasa, akan bertahap mengenal lingkungan yang lebih luas dan akan mengenal banyak manusia dan amat heteroge, dan umumnya setiap anak akan lebih tertarik bergaulk dengan teman sebayanya yang sama jenis.
5.      Bahasa
Bahasa sebagai alat komusikasi juga dapat diartikan sebagai tanda, gerakan dan suara untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain dengan demikian dalam ada dua pihak yang terlibat, yaitu pihak pihak penyampai dan pihak penerima. Dalma percakapan atau dalam berdialog, pihak-pihak itu saling bergantian fungsinya.
6.      Bakat Khusus
Dalam proses pendidikan, bakat merupakan faktor penting untuk mendapt perhatian. Seseorang yang memiliki bakat akan cepat dapat diamati, sebab kemampuan yang dimiliki akan berkembang dengan pesat dan menonjol. Bakat khusus merupakan salah satu kemampuan untuk bidang tertentu, seperti dalam bidang seni, olah raga dan keterampilan.
7.      Sikap, Nilai dan Moral
Menurut piaget, pada aewalnya pengenalan nilai perilaku serta tindakan itu masih bersifat paksaan  dan belum mengetahui maknanya. Akan tetapi seiring dengan perkembangan intleknya berangsur-angsur anakmulai mengikuti berbagai kententuan yang berlaku di dalam keluarga dan semakin lama semakin luas sampai dengan ketentuan yang berlaku di dalam masyarakat dan Negara.
Ada tiga faktore yang mempengaruhi perkembangan individu yaotu faktor heriditas, faktor lingkungan dan faktor gabungan antara keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar