Kriteria
pemilihan metode pembelajaran yaitu :
1.
Sifat (karakter) guru.
2.
Tingkat perkembangan intelektual dan sosial anak.
3.
Fasilitas sekolah yang tersedia.
4.
Tingkat Kemampuan Guru.
5.
Sifat dan tujuan materi pelajaran.
6.
Waktu pembelajaran.
7.
Suasana kelas.
8.
Konteks domain tujuan pembelajaran.
Sedangkan menurut
Slameto (2003: 98) kriteria pemilihan
metode pembelajaran adalah:
a. Tujuan pengajaran,
yaitu tingkah laku
yang diharapkan dapat ditunjukkan siswa setelah proses
belajar mengajar.
b. Materi pengajaran,
yaitu bahan yang
disajikan dalam pengajaran yang berupa
fakta yang memerlukan
metode yang berbeda
dari metode yang dipakai untuk mengajarkan materi yang berupa konsep, prosedur
atau kaidah.
c. Besar kelas (jumlah
kelas), yaitu banyaknya
siswa yang mengikuti pelajaran dalam
kelas yang bersangkutan.
Kelas dengan 5-10
orang siswa memerlukan metode
pengajaran yang berbeda
dibandingkan kelas dengan 50-100 orang siswa.
d. Kemampuan siswa,
yaitu kemampuan siswa
menangkap dan mengembangkan bahan
pengajaran yang diajarkan.
Hal ini banyak tergantung pada
tingkat kematangan siswa
baik mental, fisik
dan intelektualnya.
e. Kemampuan guru,
yaitu kemampuan dalam
menggunakan berbagai jenis metode
pengajaran yang optimal.
f. Fasilitas yang
tersedia, bahan atau alat bantu serta fasilitas lain yang dapat digunakan untuk
meningkatkan efektivitas pengajaran.
g. Waktu yang
tersedia, jumlah waktu
yang direncanakan atau dialokasikan untuk
menyajikan bahan pengajaran
yang sudah ditentukan. Untuk
materi yang banyak
akan disajikan dalam
waktu yang singkat memerlukan
metode yang berbeda
dengan bahan penyajian yang
relatif sedikit tetapi
waktu penyajian yang
relatif cukup banyak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar